Menyanyi Harus Keras?


Oct 22nd, 2014

Pada jaman dahulu seorang penyanyi memang diharapkan sangat amat keras suaranya ketika pengeras suara (microphone dan speaker) belum ada.

Pada jaman sekarang penyanyi hanya dituntut AUDIBLE — terdengar cukup keras, tetapi tidak keras sekali — dari sisi volume suara.

Namun demikian di sisi lain suara seorang penyanyi justru dituntut lebih banyak, seperti: keindahan warna, dinamika, storytelling, jangkuan nada (range), kejelasan artikulasi, dll.

Volume suara yang terlalu keras saat menyanyi cenderung kehilangan dinamika, mengurangi keindahan warna dan artikulasi menjadi kurang jelas.

Volume suara yang terlalu kecil (tidak audible) jauh dari indah dan sangat tidak profesional, karena suara seperti ini tidak terdengar jelas saat microphone tidak ada.

Suara yang ideal terdengar cukup keras meskipun tanpa microphone; tetapi memiliki dinamika, keindahan warna dan artikulasi jelas saat menggunakan pengeras suara.

Sekedar catatan, tulisan ini tidak berlaku bagi penyanyi seriosa dan broadway yang dituntut menyanyi sangat amat keras meskipun menggunakan microphone.