Nyanyi Perlu Belajar?


Dec 16th, 2011

Sebagian besar kita yang tinggal di daerah-daerah di luar perkotaan mungkin berpikir bahwa “cuma nyanyi kok pake belajar, nyanyi tuh bakat alam!” Saya sadar betul 100% bahwa kebanyakan dari penduduk Indonesia masih belum mampu menerima fakta bahwa “nyanyi itu perlu belajar” apalagi “belajar nyanyi itu pakai biaya”.

:evil:

Padahal “Vocal” juga adalah sebuah instrumen, sama seperti piano, guitar, drum, dll; yang perlu belajar supaya tidak false, tidak salah tempo, tidak parau suaranya, dll. Bahkan saya sering mendengar para senior berkata “Vocal itu alat musik yang paling susah dikuasai dibandingkan alat musik lainnya, karena instrumennya tidak terlihat”. Artinya kita perlu pengetahuan extra untuk dapat bernyanyi dengan baik.

Penyanyi juga kesehatannya lebih riskan dibanding pemain musik lainnya. Seorang pemain keyboard misalnya, masih mampu bermain dengan baik meskipun ia sedang tidak sehat, tetapi penyanyi yang sedang tidak sehat tubuhnya sangat berpengaruh pada suaranya. Sehingga dari segi menjaga instrumennya pun Vocal jauh lebih susah dibandingkan menjaga instrumen lainnya. Yang artinya kita perlu pengetahuan untuk mengetahui bagaimana cara menjaganya.

:eek:

Bahkan kondisi emosi dan psikologi penyanyi besar pengaruhnya untuk audience di panggung. Tanpa emosi dan psikologi yang terjaga dengan baik, penyanyi bisa jadi malah merusak citranya sendiri — dan berakibat fatal. Inipun artinya kita perlu pengetahuan untuk tahu cara menempa mental.

Belum lagi penjiwaan dalam bernyanyi, sebuah interpretasi sangatlah vital dan erat hubungannya dengan keberhasilan kita sebagai penyanyi. Tanpa pengetahuan yang cukup akan sebuah lagu, kita hanya akan bernyanyi secara kosong dan membawa pesan bohong kepada pendengar. Saya katakan bohong karena kita bernyanyi tanpa meresapi, hanya pura-pura.

:???:

Di atas hanyalah contoh-contoh kecil saja, karena sebenarnya secara detail aspek-aspek dalam bernyanyi sangatlah banyak, saya tidak dapat menuliskannya satu-satu.

Tapi paling tidak dari tulisan di atas kita sekarang tahu bahwa “nyanyi yang baik” tidaklah semudah kelihatannya, sehingga sangatlah wajar apabila kita harus BELAJAR dan bahkan MENGELUARKAN BIAYA untuk mampu bernyanyi secara maximal.

Semoga menjadi berkat!