Cara Memilih Kursus Musik


Sep 18th, 2011

Sebelum menuliskan beberapa tips, saya harus menyatakan bahwa, banyak yang mendaftar les musik karena: tempat tersebut ber-MERK, fasilitas les yang overwhelming, atau karena semua teman di sana.

Faktanya, semua itu tidak ada hubungannya dengan tujuan les:

untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bermusik.

Untuk apa les mahal-mahal dan buang waktu kalau tidak mendapatkan hasil? Jangan tergiur dulu soal MERK, fasilitas, banyaknya siswa atau harga; karena itu adalah faktor kesekian dalam pertimbangan kita.

Faktor yang paling penting dalam les ada dua:

1. Anda

Meskipun anda mendapatkan semua fasilitas bahkan Pelatih terbaik di dunia, tapi jika anda tidak memiliki kemauan belajar yang tinggi, disiplin menyediakan waktu berlatih setiap hari, dan kerendahan hati untuk menerima masukan dari Pelatih; maka semua sia-sia.

2. Pelatih

Ini adalah faktor yang sangat penting, bahkan vital. Karena seandainya anda adalah orang yang berkemauan belajar kuat, disiplin dan rendah hati tapi Pelatih yang anda miliki bukanlah orang yang kompeten; maka sia-sialah les anda.

Memilih KURSUS MUSIK = Memilih PELATIH MUSIK.

Tips-nya sebagai berikut:

a. Kenali Pelatih

Ini adalah hal utama, karena tanpa mengenalnya, anda seperti beli kucing dalam karung. Paling tidak, anda tahu bahwa Pelatih tersebut memang kompeten di bidangnya. Hal itu terlihat dari pendidikan musiknya atau bisa juga pengalamannya bermusik.

b. Kualitas Mengajar

Ini adalah salah satu kunci penting yang akan membuat anda maju atau tidak di dalam les. Pelatih yang sehat akan mengajar muridnya dari basic (sesuai kebutuhan pembelajaran) bukan instant (mengajar lagu sesuai selera murid).

c. Hasil Nyata

Carilah info mengenai perkembangan murid-murid yang diajar dan apa yang telah dicapai Pelatih dalam bidang tersebut.

d. Materi

Hak seorang murid adalah mendapatkan materi, dalam bentuk fisik seperti: kertas musik yang bisa berupa partisi atau syair/lirik saja.

Ok segitu dulu, semoga membantu. Tuhan memberkati.