Apa Itu Kunci?


Apr 8th, 2010

Istilah ‘Kunci’ dalam musik sangat tidak asing, baik musisi profesional maupun masyarakat awam. Walaupun demikian istilah ‘Kunci’ ini dapat menimbulkan kesalahpahaman ketika kedua makhluk ini bertemu dan bercakap-cakap mengenai musik.

Bagi orang awam istilah ‘Kunci’ digunakan untuk menunjuk Chord pada sebuah lagu. Kita mungkin pernah mendengar ketika orang berkata:
“Om lagu ini ‘Kunci’nya apa?”
atau
“Reff/Chorus lagu ini ‘Kunci’nya kemana aja bro?”
kita bisa menjawab:
“emangnya saya tukang kunci?
:D Haha…

Lain orang awam lain musisi, bagi seorang musisi maupun penyanyi yang memiliki dasar bermusik yang baik, ~ catatan: ya, walaupun tidak jarang juga, seorang musisi terpengaruh oleh bahasa orang awam ~ mereka menggunakan istilah ‘Kunci’ bukan untuk menunjuk Chord pada sebuah lagu.

Lantas menunjuk pada apa dong?

Nah, karena istilah tersebut menimbulkan kerancuan seperti itu, agaknya kita perlu memahami dahulu perbedaan Key, Chord dan Clef.

Waduh, makanan apa lagi nih?

:P Hehe…

Key

Key, meskipun secara harafiah dapat kita terjemahkan ‘Kunci’ dalam bahasa Indonesia; namun dalam istilah musik, terjemahan ini tidak tepat, karena Key digunakan untuk menunjuk nada dasar. Contohnya:

Seorang penyanyi pria bersuara tenor (tinggi) menyanyikan sebuah lagu You Raise Me Up dalam Key (nada dasar) do = D. Sedangkan seorang penyanyi pria bersuara bass (rendah) menyanyikannya dalam Key do = A.

Chord

Walaupun orang awam sering menggunakan istilah ‘Kunci’ untuk menunjuk Chord, namun sekali lagi Chord bukan ‘Kunci’! Chord didefinisikan sebagai tiga nada atau lebih yang dibunyikan bersama. Contohnya:

Dalam sebuah lagu sederhana dengan nada dasar (Key) do = C, terdapat sebuah progresi Chord: C – Am – F – G7 – C. Nah, Chord C di sini berisi tiga nada pokok do-mi-sol, lalu Chord Am berisi la-do-mi, Chord F berisi fa-la-do dan terakhir G7 berisi empat nada sol-si-re-fa.

Chord yang lazim digunakan dalam sebuah lagu ada empat, yaitu: Mayor, Minor, Augmented dan Diminished. Lalu variasi Chord-nya dapat berupa Mayor 7, Minor 7, Chord 11, dll.

Sampai di sini dong atau blong? Kayak rem aja blong!

:twisted: Hihi…

Clef

Clef inilah yang disebut ‘Kunci’ oleh musisi. Clef atau Kunci adalah symbol yang diletakkan di awal paranada; fungsi clef ini untuk membantu kita mengenali peletakan notasi.

Clef hanya ada tiga jenis, seperti yang terlihat dalam gambar berikut ini.

kunci G (G clef)

g

kunci F (F clef)

f

kunci C (C clef)

y1mEfd05GBjrWh76muzuz9Vng_ws8NkFRwLDGGsQMoVRsJTo_kUFtjpWnyDog6f3QhnfszONSQ7Dv0P86Z-H03syevA5eFX1qeZohGxV-DFuQ34PTaTUSpzIn9hYH0DevE5vTt8usOOB_3kv92RJblbmw

Demikian kiranya perbicangan kita dapat saling dipahami (waduh bahasanya hehehe).
Terimakasih.